Insya Allah menyediakan informasi akurat dan valid tentang INFO BEASISWA, SEKOLAH GRATIS DAN KULIAH GRATIS bagi mereka yang tidak mampu. Bagi anda yang mampu silahkan menjadi donatur dilembaga-lembaga pendidikan yang tersedia. Tolong disebarluaskan info ini, silahkan di cetak dan DI tempel di mading-mading masjid, sekolah, dan sebagainya.

Kuliah S-1 Gratis di Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM AL HIDAYAH
KEMBALI MEMBUKA PROGRAM BEASISWA AL HIDAYAH (PBA)
JENJANG PENDIDIKAN: S-1, FAKULTAS USHULUDDIN, JURUSAN TAFSIR HADITS

*klik gambar untuk memperjelas/memperbesar

Informasi selengkapnya silahkan menghubungi nomor yg tersedia dan atau mendatangi kantor sekretariat.

BEASISWA S-1 di Ma'had Aly Tebuireng

Pondok Pesantren Tebuireng dirintis oleh KH. Muhammad Hasyim Asy'ari pada tahun 1899 . Sebagai ulama' yang bercita-cita ingin menyebarkan ajaran Islam untuk melenyapkan kemungkaran meningkatkan kesejahteraan di muka bumi ini. Semangat tersebut terus dikembangkan oleh para generasi yang memimpin Pondok Tebuireng hingga sekarang, terutama yang berkaitan dengan memperluas kehidupan keagamaan dan munculnya berbagai persoalan baru yang memerlukan status landasan hukum Islam. Melihat kenyataan demikian, sangat dibutuhkan munculnya ulama' / sarjana agama yang berkualitas dan mampu mengatasi problematika yang dihadapi umat Islam.
Sejak berdirinya, Pesantren Tebuireng berprinsip bahwa pesantren dan kitab kuning merupakan dua sisi suatu benda yang tidak terpisahkan. Prinsip tersebut diwujudkan dengan melakukan pengkajian metode dan karya-karya ulama' salaf yang bersumber dari kitab kuning. Hal tersebut cukup relevan bagi santri yang berminat mendalami bidang studi keagamaan secara mendalam.

Hal-hal tersebut menjadi alasan kuat bagi Pesantren Tebuireng untuk melengkapi unit-unit pendidikannya dengan Perguruan Tinggi setingkat S1, "Ma'had 'Aly Hasyim Asy'ari".

VISI DAN MISI

Visi :

Melahirkan generasi Khairu Ummah, Tafaqquh fi ad-Diin

Misi :

  1. Menyelenggarakan studi agama secara mendalam menyeluruh melalui sistem perpaduan pendidikan pondok pesantren dan perguruan tinggi.
  2. Mempersiapkan kaderisasi ahli fiqih yang dapat mewarisi dan mengembangkan tradisi ilmiah dan amaliah sesuai tuntutan zaman.
TUJUAN

Memberi kesempatan kepada santri senior untuk memperdalam ilmu agama Islam dan ilmu-ilmu bantu yang diperlukan.
  1. Menanamkan ethos Tafaqquh fi ad-Dien di kalangan santri agar mereka mampu memahami ajaran-ajaran Islam secara baik dan benar.
  2. Mengkondisikan santri dalam suasana belajar yang dapat melahirkan ulama' yang mampu memecahkan masalah-masalah keagamaan secara tepat sesuai dengan perkembangan zaman.
  3. Menanamkan sikap dan kemampuan santri agar memiliki sifat saleh (Akhlaq al-Karimah) dan kepakaran (Ulum an-Nafi'ah)

PROGRAM STUDI DAN KURIKULUM

  1. Program Studi
    1. Program studi ini berstatus S-1, berlangsung selama 4 (empat) tahun berturut-turut. Setiap tahun terdiri dari 2 (dua) semester.
    2. Program studi mengutamakan peranan akhlaq karimah, disamping menguasai ilmu yang tertera dalam kurikulum dengan baik.
    3. Program ini statusnya setara dengan lembaga pendidikan yang diselenggarakan oleh Departemen Agama (sekolah negeri).

  2. Kurikulum Ma'had Aly disusun sesuai dengan tujuan pendidikan, yaitu mengkaji bidang studi Agama Islam dengan program kekhususan ilmu yang terbagi dalam 5 (lima) program bidang studi :
    a. Program Pengajian pendalaman Tafsir
    b. Program Pengajian pendalaman Hadits
    c. Program Pengajian pendalaman Fiqih dan Ushul Fiqih
    d. Program Pengajian pendalaman Ilmu Alat
    e. Program Pengajian pendalaman Tasawuf

METODE BELAJAR

Proses belajar mengajar seluruhnya disampaikan dengan mengunakan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris. Adapun klasifikasi program belajar sebagai berikut :
  1. Dirasah Yaumiyyah disampaikan dengan metode :
    1. Ceramah dan dialog interaktif
    2. Pengajian model bandongan dan sorogan
    3. Studi kepustakaan literatur klasik keagamaan
    4. Tadris wa at-ta'lim
    5. Muhadatsah / Muhawaroh
    6. Penugasan penulisan ilmiah

  2. Kegiatan extra
    1. Mudzakaroh / kajian mendalam terhadap kitab-kitab tertentu untuk penguasaan bidang studi dengan bimbingan dosen bidang studi

    2. Membahas Masa'il Fiqhiyyah, Maudlu'iyyah dan Waqi'iyyah

TENAGA DOSEN

a. Prof. Dr. K.H. Syechul Hadi Permono, MA, SH.
b. Prof. Dr. H. Ahmad Zahro, MA.
c. Prof. Dr. H. Djamaluddin Mirri, Lc., MA.
d. Prof. Dr. H. Ali Mustofa Ya'qub, MA.
e. H. Ahmad Syakir Ridwan, Lc. M.Hi.
f. Nur Hannan, Lc.
g. Drs. H.M. Farid Zaini, Lc.
h. H. Lutfi Sahal, Lc.
i. KH. Drs. M. Muthoharun Afif, Lc. M.Hi.
j. KH. Abdul Aziz Mansur
k. KH. Mustofa Bisri ( Gus Mus )
l. KH. Muhammad Habib
m. Najib Junaidi, Lc.
n. Zainur Ridlo Buyani, S.Pd.

KRITERIA CALON MAHASISWA

Calon mahasiswa Ma'had Aly Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang diharuskan memenuhi persyaratan sebagai berikut
  1. Telah lulus pendidikan serendah-rendahnya Madrasah Aliyah
  2. Memiliki kemampuan dasar dalam bidang ilmu yang akan menjadi pilihan spesialisasinya
  3. Memiliki wawasan yang luas tentang kepesantrenan dalm kitab-kitab yang menjadi acuan utama pengajian di Tebuireng

BEASISWA DAN KUOTA

  1. Jumlah yang diterima dibatasi sebanyak 30 orang mahasiswa,
  2. Bagi 30 mahasiswa tersebut dibebaskan dari uang SPP , ujian semester, dan asrama.
  3. Untuk menentukan 30 mahasiswa, Ma'had Aly Hasyim Asy’ari akan mengadakan seleksi.
  4. Selama masa studi mahasiswa harus tinggal di asrama Ma’had Aly Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang.

SARANA DAN FASILITAS

Untuk menunjang keberhasilan program studi Ma'had Aly Pondok Tebuireng menyediakan :
  1. Asrama santri.
  2. Gedung perkuliahan.
  3. Perpustakaan dan komputer analisis data.
  4. Lembaga kajian hukum Islam sebagai sarana praktek mahasiswa.
  5. Bagi mahasiswa yang berprestasi pada setiap ujian semester akan diberikan penghargaan.
  6. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Kantor Yayasan Hasyim Asy'ari Tebuireng Telp. (0321) 861133 - 863136 Fax 864110 atau dapat menghubungi M. Miftahul Huda, S.Pdi. nomor telp. 0321-7191785 / 085649117381
Situs: http://tebuirengmesir.multiply.com/

Sekolah Gratis di MA’HAD ‘ALY AN-NU’AIMY

kop-bem

مؤسسة النعيمي التعليمية

المعهد العالي لإعداد الدععاة

MA’HAD ‘ALY AN-NU’AIMY

Mencetak Da’i Cerdas dan Profesional

Jl. Seha II No. 1 Grogol Selatan Kebayoran Lama Jakarta Selatan 12220
Tlp. 021-7251334 E-mail : mahad_nuaimy@yahoo.com

Visi Ma’had

Menjadi Percontohan (the best typical and prototype) dalam melaksanakan program pengajaran dan pembinaan bagi lembaga penidikan lain yang serupa di Indonesia.

Misi Ma’had

Menyiapkan ulama dan da’I yang gogoh beramal, cerdas serta memiliki kepekaan sosial yang tinggi, sebagai kontribusi aktif dalam meningkatkan kecerdasan ruhiyah dan peradaban bangsa.

Muqaddimah

Bertolak dari risalah Ma’had untuk mencetak para ulama yang mampu mengidentifikasi problematika umat, mempersiapkan kader dakwah yang gigih beramal dan memiliki perhatian penuhterhadap upaya perbaikan ummat, dan minimnya kader yang memiliki kafasitas syar’I khususnya di propinsi dan daerah terpencil, juga untuk memenuhi kebutuhan negeri ini dalam dalam mendidik bangsanya menuju kehidupan islami dengan cara mencetak pribadi-pribadi muslim yang kaffah.

Ma’had ‘Aly An-Nu’aimy (dengan segala keunggulannya) didirikan untuk mengemban risalah agung ini, yang dinilai representatif untuk mengajarkan islam kepada bangsa ini dengan pemahaman yang benar dan universal, sehingga mereka mampu mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Masa Pendidikan

Perkuliahan di Ma’had An-Nu’aimy ditempuh selama 3 tahun (2 tahun kuliah reguler & 1 tahun masa pengabdian). Mahasiswa yang telah lulus akan mendapatkan sertifikat/ijazah S1.

Keunggulan Ma’had ‘Aly An-Nu’aimy

    1. Letak kampus strategis, nyaman dan mudah dijangkau dengan transfortasi umum.
    2. Sarana gedung 3 lantaim milik sendiri.
    3. Aktifitas tarbawiyah dan tsaqafiyah yang beraneka ragam.
    4. Bahasa Arab sebagai pengantar kuliah sekaligus menjadi bahasa percakapan sehari-hari.
    5. Bebas biaya kuliah, asrama dan makan.
    6. Diaasuh oleh para dosen lulusan universitas dalam dan luar negeri.

Sarana Pendidikan

    1. Ruang kuliah, yang tertata rapi dan sangat representatif untuk kegiatan perkuliahan.
    2. Ruang perpustakaan, yang dilengkapi dengan ribuan buku bacaan dan referensi berbahasa Arab, Inggris dan Indonesia. Juga dilengkapi dengan kaset/VCD film dokumenter.
    3. Asrama mahasiswa (gratis) kapasitas 140 orang dengan fasilitas yang lengkap dan nyaman.
    4. Masjid di lingkungan kampus.
    5. Lab. Komputer dan internet (21 unit) sebagai tempat kursus program komputer (aplication program) dan browsing internet.

Dosen dan Staff Pengajar

    1. Dr. Moh. Idris Abdusshamad MA. Univ. Al-Imam Ibnu Su’ud Riyadh
    2. Dr. Atabik Luthfi MA. Univ. Kebangsaan Malaysia
    3. Dr. Taufik Qulazhar MA. Univ. Ummu Darman Sudan
    4. Syeikh Hasan Basyir Univ. Ummu Darman Sudan
    5. Bakrun Syafi’I MA. Univ. Al-Imam Ibnu Su’ud Riyadh
    6. Zakaria Sirajuddin Al-Azhar University Cairo Egypt
    7. Nabil Mahmoud shobri MA. Daar Al-Ulum Cairo Univ.
    8. Ali Fikri noor MA. Intern. Islamic Univ. Pakistan
    9. Kalam Setia MA. Ma’had Khartoum intern. Sudan
    10. Syaerozy hasan MA. UIN Syahid Jakarta
    11. Imam Sujoko MA. Intern. Islamic Univ. Malaysia
    12. Shofwan Abbas MA. Al-Neelain Univ. Sudan
    13. Zufar Bawazir Lc. LIPIA Jakarta
    14. Amir Hamzah Lc. LIPIA Jakarta
    15. tang Rusmana Lc. LIPIA Jakarta
    16. Abdul Hakim SS. Universitas Indonesia
    17. Sudaryono SPd. Univ. Muhamadiyah Purwokerto

Aktifitas Kemahasiswaan

Penddidikan & Pembinaan

  • Kuliah Reguler
  • Tahfidz Qur`an dan Tafsir tematik
  • Kajian Hadits Nabawiyah (Riyadhussholihin)
  • Latihan Ceramah dan Kultum
  • Talkshow pendidikan dan diskusi ilmiah
  • Mukhayyam (camping) & wisata Tarbawi
  • Puasa sunnah senin dan kamis
  • Seminar dan pelatihan
  • Bedah buku

Olah raga dan Kesehatan

  • Olah raga bersama : lari pagi, tenis meja, sepak bola bulu tangkis, bola voly dan senam.
  • Latihan bela diri (taekwondo dan Taifan)
  • Pekan olah raga
  • Pelatihan P3K

Seni & Kretifitas

  • Majalah dinding dan Buletin
  • Kaligrafi dan dekorasi
  • Pentas seni : drama, puisi, pidato b. Arab, Inggris dan Indonesia, parade Nasyid.

Stadium General dan Training

Stadium general

  • Stadium General 2006 Bersama Menpora RI Bapak Adhyaksa Dault
  • Stadium General 2007 Bersama Dr. Surahman Hidayat MA. (Ketua Syariah Consulting)
  • Stadium General 2008 Bersama Ir. Nurmahmudi Ismail (Walikota Depok)

Ceramah agama oleh tokoh/ulama nasional dan internasional :

  • Syeikh Shiyam Imam Masjil Al-Aqsha
  • Syeikh. Abdullah Al-Qadiri
  • Dr. Nawwaf Takruri Ketua ulama Palestina Suriah
  • Prof. Dr. Ahmad Satori Ketua Ikadi Pusat
  • Anggota Parlemen Qatar dan Kuwait

Manajemen Mesjid, dauroh imam dan Khatib, Pelatihan mengurus jenazah, Training manajemen, Pelatihan guru bahasa arab, Pelatihan program komputer.

Kegiatan sosial dan keagamaan

  • Imam shalat Tarawih
  • Ceramah Ramadhan (sebelum Ifthar dan Tarawih)
  • Ta’lim Al-Qur`an dan kajian fiqih ibadah (dewasa)
  • Taman Pengajian Al-Qur`an (anak-anak)
  • Mentoring siswa-siswa SMP,SMK & SMA
  • Kursus Bahasa arab untuk umum.
  • Operasi Bersih : Mesjid dan jalan umum sekitar ma’had.

Prestasi Mahasiswa

    1. Juara I MHQ 20 juz propinsi NAD
    2. Juara umum lomba baca kitab kuning (Fathul Bari, Fathul Muin, Syarh Alfiah ibnu Malik, Ihya Ulumiddin, dan tafsir Ibnu Katsir) antar ma’had tingkat propinsi DKI Jakarta.

Program Kuliah Sore

Melihat respon masyarakat yang sangat besar untuk kuliah di Ma’had ‘Aly An-Nu’aimy, sementara daya tampung asrama terbatas, maka mulai tahun akademik 2007-2008 dibuka program kuliah sore dengan masa kuliah 3 tahun (6 semester dengan 3 hari kuliah/minggu). Kurikulum program ini sama dengan kurikulum program kuliah reguler pagi hari, hanya saja menggunakan pengantar bahasa Indonesia. Mahasiswa program ini tidak diasramakan dan dikenakan biaya.

Program pengabdian Mahasiswa

Mahasiswa Ma’had ‘Aly An-Nu’aimy diwajibkan mengikuti program pengabdian selama 1 tahun. Program ini merupakan realisasi dari misi ma’had untuk menyiapkan ulama dan da’I yang gigih beramal, cerdas serta memiliki kepekaan sosial yang tinggi, sebagai kontribusi langsung dari perjuangan dakwah.

Program ini diharapkan menjadi sarana untuk meningkatkan kafaah mahasiswa dalam mengemban risalah Islam, sekaligus menjadi media untuk menerapkan teori fiqih dakwah dengan benar dalam realita kehidupan bermasyarakat. Teknis penyebarannya bekerjasama dengan Ikatan Dai Indonesia (Ikadi) dan Majelis Pesantren Dakwah Indonesia (MAPADI)

Syarat Masuk Kuliah

    1. Tamat dan memiliki ijazah SLTA/sederajat
    2. Usia maksimal 23 tahun dan belum menikah.
    3. Sehat jasmani rohani, tidak mengidap penyakit menular.
    4. Berakhlak mulia dan tidak terlibat tindak kasus pidana.
    5. Mampu membaca, memulis dan berbicara bahasa Arab dengan baik.
    6. Berkonentrasi penuh untuk belajar dan siap menetap di asrama.
    7. Lulus tes seleksi masuk (Tes Tulis dan wawancara)

Berkas Persyaratan

  1. Photo copy ijazah SLTA/sederajat yang telah dilegalisir dengan menunjukan aslinya.
  2. Photo copy transkip nilai ijazah/raport akhir.
  3. Surat keterangan berbadan sehat dari dokter (asli)
  4. Surat keterangan berkelakuan baik (SKKB/SKCK) dari kepolisia asli dan masih berlaku)
  5. Photo copy KTP yang masih berlaku
  6. Pas Photo ukuran 2×3,3×4,4×6 masing-masing 4 lembar.
  7. Surat Rekomendasi dari yayasan, lembaga pendidikan atau individu/tokoh yang dikenal oleh Ma’had.
  8. Photo copy surat keterangan lahir (akta).

Nb.

  • Waktu pendaftaran : Agustus
  • Materi Ujian : Bahasa Arab dan Tsaqafah Islamiyah.
  • Informasi lebih lanjut silahkan hubungi Ma’had ‘Aly An-Nu’aimy via Tlp. Atau email.

Ketua Direktur

Yayasan An-Nu’aimy Ma’had ‘Aly An-Nu’aimy

Dr. Idris Abd. Shamad, MA. H. Bakrun Syafi’i, MA.

***

Denah Ma’had ‘Aly Li I’dad Du’at An-Nu’aimy Jakarta

Situs: http://hammuna.wordpress.com/kampus/

BEASISWA S-1 STMIK ANTAR BANGSA


Download Brosur klik DISINI.

Situs: http://www.stmik-antarbangsa.ac.id

BEASISWA SANTRI QUR-AN, PONPES TAHFIDZ DAARUL QUR-AN

Untuk mendownload brosur, klik DISINI.

Kuliah Gratis di Pesantren Luhur Ilmu Hadits Darus-Sunnah

Seleksi Penerimaan Mahasantri Baru (SPMB) 2009


1. Persyaratan

  1. Mahasiswa/I perguruan tinggi di Jakarta.
  2. Menyerahkan fotokopi ijazah dan STTB masing-masing 1 lembar dilegalisir.
  3. Mengisi formilir pendaftaran dengan melampirkan pas foto ukura 2 x 3 sebanyak 1(satu) lembar dan 3 x 4 sebanyak satu lembar.
  4. Biaya administrasi pendaftaran Rp. 70.000,- (tujuh puluh ribu rupuah)
  5. Mahasiswa semester I dan III.
  6. Mengikuti ujian tes seleksi.

2. Waktu dan tempat pendaftaran

Pendaftaran dapat di lakukan di Pesantren Darus-Sunnah, dan di Halaman Parkir Mesjid Fathullah UIN Jakarta dimulai tanggal 20 Juli 9 Agustus 2009 pukul : 09.00-14.00 WIB.

3. Ujian seleksi

Ujian seleksi Pesantren darus-Sunnah dibagi menjadi dua; ujian tulis dan lisan. Bagi calon mahasantri baru yang lulus seleksi ujian tulis selanjutnya wajib mengikuti seleksi ujian lisan dengan jadwal sebagai berikut;

  1. Ujian tulis dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus 2009 di Pesantren Darus-Sunnah. Pukul 08.00-10.00 WIB (puteri) pada pukul 13.00-15.00 WIB. (putera).
  2. Ujian lisan dilaksanakan di Pesantren Darus-Sunnah pada tanggal 12 Agustus (puteri) pada pukul 08.00 – selesai dan tanggal 13 Agustus 2009 (putera) pada pukul 08.00 – selesai.

4. Materi Ujian

  1. Materi ujian tulis meliputi; bahasa arab (TOAFL), pengetahuan dasar ilmu hadis, dan pengetahuan umum agama Islam.
  2. Materi ujian lisan meliputi; qiraat al-kutub(membaca litelatur Arab), wawasan Ilmu hadis, psikotes dan bahasa Arab-Inggris.

5. Kelulusan dan Mulai Belajar

  1. Kelulusan berdasarkan pada hasil ujian.
  2. Nama peserta ujian tulis yang dinyatakan lulus akan diumumkan pada tanggal 11 Agustus dan berhak mengikuti ujian lisan.
  3. Nama peserta ujian lisan yang dinyatakan lulus akan diumumkan pada tanggal 14 Agustus 2009.
  4. Kegiatan belajar-mengajar dan segenap aktivitas pesantren dimulai pada tanggal 16 Agustus 2009.
Info selengkapnya: http://darussunnah.net/

Kuliah Gratis di Ma'had al-Furqon al-Islami

Pendaftaran Santri Baru Pondok Pesantren al-Furqon al-Islami

Jenjang Pendidikan:

1. Madrasah Salafiyah Ula Tahfizh Al Qur’an (MSUTQ) Putra, dan Madrasah Ibtidaiyah Tahfizh al-Qur’an (MITQ) Putri; Sederajat dengan SD atau MI dengan program unggulan Hifzhul Qur’an (menghafal Al Qur’an 30 Juz). Masa Belajar 6 tahun (12 semester).

2. Marhalah Mutawasithoh (MMtw) Putra – Putri; sederajat dengan SLTP atau Madrasah Tsanawiyah Umum, masa belajar 2 tahun (4 semester).

3. Marhalah Tsanawiyah (MTs) Putra – Putri; sederajad dengan SMU atau Madrasah Aliyah, dengan penekanan program penguasaan ilmu dasar bahasa arab dan dasar-dasar ilmu syar’i. Masa belajar 3 tahun (6 semester).

4. Marhalah Takhossus Ilmi (MTI) Putra - Putri, Program khusus bagi lulusan SMU atau Madrasah Aliyah ke atas dengan penekanan program penguasaan ilmu alat (bahasa Arab) dan dasar-dasar ilmu syar’i. Masa belajar 2 tahun (4 semester).

5. Ma’had Ali (MA) Putra, Program lanjutan bagi lulusan MTs dan MTI Putra. Masa belajar 3 tahun (6 semester).

Persyaratan Calon Santri:
A. Umum:
1. Muslim atau Muslimah semangat menuntut ilmu sayar’i
2. Berakhlak karimah
3. Bisa baca tulis Al Qur’an
4. Sanggup menaati tata tertib Ma’had (dengan pernyataan tertulis)
5. Menyerahkan surat keterangan sehat dari dokter.
6. Menyerahkan surat ijin tertulis dari orang tua/wali.
7. Menyerahkan surat pernyataan dari penanggungjawab biaya (khusus bagi yang tidak dibiayai orang tua)
8. Menyerahkan Akte kelahiran asli dan fotocopi ijazah terakhir, atau ijazah terakhir yang asli saja.
9. Membayar administrasi pendaftaran sesuai jenjang pendidikan.

B. Khusus:

a. MSUTQ dan MITQ
1. Usia minimal 6 tahun, maksimal 7 tahun (saat mendaftar)
2. Bisa baca tulis arab dan latin (MSUTQ), atau baca tulis latin saja (MITQ).
3. Didaftarkan ke panitia pendaftaran oleh orang tua/walinya.
4. Menyetujui akad perjanjian orang tua/wali santri dengan pihak pondok.
5. Tempat terbatas untuk 15 anak, ada seleksi penerimaan calon santri. (hasil tes langsung)

b. MMtw
1. Minimal berijazah MI atau SD atau yang sederajat, atau berusia 11 tahun (saat mendaftar)
2. Calon santri datang ke pondok dan didaftarkan ke panitia pendaftaran oleh orang tua/walinya.

c. MTs
1. Minimal berijazah SLTP atau MTs atau yang sederajat atau berusia 15 tahun (saat mendaftar).
2. Calon santri putri datang ke pondok dan didaftarkan ke panitia pendaftaran oleh orang tua/walinya (harus dengan mahromnya).

d. MTI
1. Minimal berijazah SMU atau Madrasah Aliyah atau yang sederajat atau berusia 18 tahun (saat mendaftar).
2. Calon santri putri datang ke pondok dan didaftarkan ke panitia pendaftaran oleh orang tua/walinya (harus dengan mahromnya).

e. MA
1. Minimal berijazah SMU atau Madrasah Aliyah atau Pondok Pesantren yang sederajat.
2. Mampu berbahasa Arab (percakapan maupun baca-tulis).

C. Santri Pindahan:
1. Memenuhi persyaratan calon santri baru (umum dan khusus)
2. menyerahkan surat keterangan pindah dari sekolah atau pesantren asal
3. menyerahkan raport dari sekolah atau pesantren asal.

Fasilitas:
Masjid, ruang belajar, asrama, listrik ( PLN & diesel ), mini toserba, wartel, toko buku dan kitab, fotokopi dan penjilidan, kantin.

Tenaga Pengajar :

* Alumni Universitas Imam Bin Suud Riyadh KSA
* Markaz Jami’ Ibnu Utsaimin Gasim Unaizah KSA
* LIPIA Jakarta (Cabang/ lembaga pendidikan dalam pengawasan Universitas Islam Imam Muhammad Ibn Saud, Riyadh KSA)
* Universitas-universitas
* Pondok-pondok pesantren dalam negeri

Administrasi Pendaftaran :
1. Pendaftaran Rp. 50.000
2. Infaq Sarana dan Prasarana (Bangunan, Lemari, bangku, dll) Rp. 300.000,-
3. Syahriyah/Bulanan (bulan ke-1: Rojab 1430 H)

- Untuk jenjang MSUTQ dan MITQ Rp. 200.000,-
- Untuk jenjang MMtw, MTs, MTI dan MA Rp. 150.000,-

4. Uang seragam 2 setel (MSUTQ) Rp. 175.000

Waktu dan Tempat Pendaftaran:
Tanggal PSB : 19 Jumada Tsaniyah s.d 3 Rojab 1430 H (13 Juni s.d 27 Juni 2009 M)
Hari : Sabtu s.d Kamis (HARI JUM’AT TUTUP)
Jam : 07.30 - 11.30 dan 16.00 s/d 17.00 WIB.
Tempat : SEKRETARIAT PANITIA PSB Pondok Pesantren al-Furqon al-Islami
Telepon : (031) 3949156

Awal Masuk
18 Rojab 1429 H (11 Juli 2009 M)

Informasi
- MSUTQ : Ust. Abu Azzam 0853 3014 9945
- MITQ : Usth. Wardah 0813 3121 1274
- MMtw : Ust. Abu Ilyas 0813 5790 7627
- MTs : Ust. Abu Humaid 081331 331 765
- MTI : Ust. M. Fatikh 0819 1381 1784
- MA : Ust. Abu Yusuf 0852 3039 0534

Catatan
- Maaf, kami tidak melayani permintaan informasi kecuali via telepon. Harap maklum.
- Kami melayani pendaftaran melalui Pos dengan persyaratan lengkap.

Rute Ke PP al-Furqon al-Islami
1. Dari Pasuruan, Malang, Madiun, Solo dll turun di terminal Bungur asih Surabaya
Dari Terminal Bungurasih : Bis kota P8 -> Trml Osowilangun : Bis mini Armada Sakti -> Sidayu ( turun di alun alun Sidayu ) naik becak ke PP. Al Furqon di Desa Srowo Sidayu.

Dari Bandara Juanda: naik bis Damri ke Terminal Bungurasih -> SDA
Dari Pelabuhan Tj. Perak : Bis kota jurusan B. Asih -> turun term. JMP -> Angkot SG (warna hijau muda ) -> turun Terml. Osowilangun -> SDA
Dari Stasiun Semut : cari angkot ke JMP -> SDA. / angkot warna kuning jurusan Term. Osowilangun -> SDA.

2. Dari Tuban, Semarang (jalur pantura);
Turun terminal Bunder -> Bis Armada Sakti -> Sidayu -> SDA.

Sekolah Gratis di Ma'had Al-Ikhlash

Assalaamu'alaikum Warohmatullah Wabarokatuh..

Mencari sekolah yang solutif atas mahalnya ongkos pendidikan yang ada di negara kita...
Mengapa pendidikan yang berkualitas mesti berbiaya tinggi?.

Pendidikan adalah rahmatan lil'alamin, dimiliki semua orang, semua kalangan. Pendidikan harus dapat diakses semua orang, bisa mensinergikan semua potensi umat, dan turut mendorong umat untuk ikut peduli pada pendidikan. Dari kita untuk kita.

Mencitakan keadaan, ketika pendidikan bukan lagi barang lux yang mahal, namun pendidikan merupakan kebutuhan primer yang bisa diperoleh semua pihak dengan pengorbanan maksimal semampu mereka.

Maka dengan segala upaya dan daya yang ada, dibangunlah sebuah Sekolah yang Berkualitas dan Gratis, insya Allah. Kami menamainya Ma'had Al-Ikhlash.

Wassalaamu'alaikum Warohmatullah Wabarokatuh..

====================================================

KEGIATAN MA’HAD AL-IKHLASH BANDUNG

Sebagai pelaksanaan dari Visi, Misi dan Strategi, Ma’had Al-ikhlash Al-Islamy selama ini telah melaksanakan kegiatan :


  1. Pendirian kelompok belajar Taman Kanak-kanak Kreatif Islam Al-Ikhlash- dengan jumlah santri didik sebanyak 33 orang

  2. Pendirian Madrasah Takhosus Diniyyah untuk anak-anak usia SD dan SMP dengan jumlah santri didik sebanyak 55 orang

  3. Pendirian persamaan SMP dan SMA bebas biaya dengan sistem Pendidikan Luar Sekolah bekerjasama dengan PLS Diknas Kecamatan Cicadas saat ini berjunlah 20 siswa.

  4. Kursus Diniyyah untuk Bapak-bapak dan Ibu-ibu serta remaja.

  5. membuat lembaga penyaluran infaq dengan nama DPM (Dompet Pendidikan Masyarakat)

KURIKULUM

Kurikulum Ma’had Al-Ikhlash merupakan perpaduan kurikulum Diknas dan Diniyyah (pondok pesantren) serta LifeSkill Adapun pelajaran unggulan Ma’had Al-Ikhlash adalah :

  1. Tahfidz (hafalan) Al-Quran

  2. Kemampuan Bahasa

  3. Aqidah, Akhlaq, Fiqih dan Tafsir Al-Quran

  4. LifeSkill

TEMPAT dan WAKTU BELAJAR

Pembelajaran selama ini kami laksanakan di Masjid Al-Ikhlash Jl. Pasir Impun Barat No 124 Kertasari RT 04 RW 04 Bandung 40194.

Waktu belajar :

  1. TK Kreatif Al-Ikhlash 07.30-11.00 WIB, tempat di Mesjid dan ruang kelas

  2. SMP-SMA persamaan 07.20-12.30 WIB, tempat di Lt. 2 Masjid dan ruang kelas.

  3. Madrasah Diniyyah 06.30-07.30 dan 15.00-19.30 WIB

  4. Kajian Tafsir dan Hadits setiap Ahad ke dua dan Ke empat 09.00 - 15.00 WIB.

FASILITAS dan SARANA

  1. Masjid 2 lantai luas tanah 56 meter persegi

  2. Ruang kelas
  3. Kamar mandi dan Wudlu
  4. Komputer
  5. Perpustakaan
  6. Mesin Jahit

Alamat:
Jl. Pasir Impun Barat - Kertasari No. 124 Bandung 40195
CDMA: 022 - 70452079 / GSM: 08122149394

BEASISWA STID DI Al-Hikmah Jakarta

Kepada Yth,

Mahasiswa/i

STID DI Al-Hikmah Jakarta

Dengan ini diberitahukan bahwa Departemen Agama (DEPAG) RI membuka peluang beasiswa bagi Mahasiswa Berprestasi dan Mahasiswa Tidak Mampu, Bagi mahasiswa/I yang berminat, harap memperhatikan hal-hal berikut ;

1. Pengurusan Beasiswa bersifat kolektif (diurus oleh STID)

2. Mahasiswa yang berminat, harus melengkapi persyaratan administrasi sebagai berikut ;

A. Persyaratan Umum

  • Masih aktif kuliah dibuktikan dengan surat keterangan dari pimpinan PTAI;
  • Surat pernyataan tidak sedang menerima beasiswa dari sumber yang sama (dibuktikan SK dari pimpinan PTAI;
  • Foto copy rekening Bank atas nama calon yang diusulkan;
  • Alamat yang bisa dihubungi dan nomor tlp/hp.

B. Persyaratan Khusus untuk Bantuan Beasiswa Mahasiswa Miskin

  • Surat keterangan tidak mampu dari RT tempat tinggal orang tua mahasiswa yang diusulkan;
  • Fotocopy transkrip nilai (3 semester dengan IP minimal 2,5);
  • Mempunyai prestasi akademik dan non akademik selama perkuliahan.
  • Usia maksimal 30 tahun saat mengajukan proposal bantuan beasiswa mahasiswa miskin;

C. Persyaratan Khusus untuk Bantuan Beasiswa Mahasiswa Berprestasi

  • Memiliki prestasi akademik dan non akademik selama masa perkuliahan dibuktikan dengan fotocopy surat penghargaan yang dilegalisir oleh pimpinan PTAI;
  • Fotocopy transkrip nilai (5 semester dengan IP minimal 3,25)

Berkas diterima sekretariat STID DI Al-Hikmah paling lambat tanggal 20 Maret 2009. Info selengkapnya silahkan hubungi sekretariat pada jam kerja.

Brosur Penerimaan Mahasiswa Baru klik DISINI.


BEASISWA S-2 dan S-3 DEWAN DAKWAH ISLAMIYAH INDONESIA

PROGRAM KADERISASI ULAMA DEWAN DA’WAH ISLAMIYAH INDONESIA
PERIODE 2009

PROGRAM UMS S2 MAGISTER PEMIKIRAN ISLAM
BATAS AKHIR PENDAFTARAN TANGGAL 7 AGUSTUS 2009
SELEKSI: TES POTENSI AKADEMIK,WAWANCARA
PENDAFTARAN KE EMAIL: kaderulama_ddii@yahoo.com Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya
ATAU
Sekretariat Kader Ulama Dewah Da’wah, Gedung Menara Da’wah Lt. 3, Jalan Kramat Raya 45 Jakarta 10450
CP: KHAYRURRIJAL (HP: 085694945359)
DR. SYAMSUL HIDAYAT (UMS/ HP:08122619749)

PROGRAM UIKA S2 MAGISTER PENDIDIKAN DAN PEMIKIRAN ISLAM
BATAS AKHIR PENDAFTARAN TANGGAL 3 AGUSTUS 2009
SELEKSI : TES POTENSI AKADEMIK, BAHASA ARAB, BAHASA INGGRIS, WAWASAN ISLAM, WAWANCARA
PENDAFTARAN KE EMAIL: kaderulama_ddii@yahoo.com Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya
ATAU
Sekretariat Kader Ulama Dewah Da’wah, Gedung Menara Da’wah Lt. 3, Jalan Kramat Raya 45 Jakarta 10450
HUBUNGI: KHAYRURRIJAL (HP: 085694945359)

PROGRAM S3 DOKTOR PENDIDIKAN ISLAM
BATAS AKHIR PENDAFTARAN TANGGAL 3 AGUSTUS 2009
PENDAFTARAN KE EMAIL: kaderulama_ddii@yahoo.com Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya
ATAU
Sekretariat Kader Ulama Dewah Da’wah, Gedung Menara Da’wah Lt. 3, Jalan Kramat Raya 45 Jakarta 10450
HUBUNGI: BUDI HANDRIANTO (HP: 0817 162 044/ EMAIL: budi.handri@gmail.com Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya )
KHAYRURRIJAL (HP: 08569945359)

iNFO SELENGKAPNYA: http://www.pku-dewandakwah.com/

Beasiswa Ekonomi Syariah SDM EKSPAD STEI SEBI

Program Beasiswa Pendidikan SDM Ekonomi Syariah untuk Pelopor Pembangunan Daerah (SDM-EKSPAD) Tahun 2009 adalah suatu program dedikasi STEI SEBI bagi putra-putri terbaik daerah untuk mengikuti pendidikan strata satu (S-1) ekonomi syariah di Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) SEBI. Lulusan dari program ini akan kembali ke daerah asal untuk mempelopori dan mengembangkan ekonomi syariah di sana. Program ini diselenggarakan oleh STEI SEBI bermitra dengan sejumlah Lembaga donasi, Pemerintah, BUMN/D, Tokoh dan Cendekiawan.

Sasaran

  • Mampu menyelesaikan studi tepat waktu dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,0
  • Memiliki kemampuan mengelola lembaga keuangan, bisnis syariah, dan lembaga zakat.
  • Memiliki jiwa dan skill entrepreneurship.
  • Memiliki kemampuan pemberdayaan masyarakat.
  • Memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat dan aktif dalam pembentukan jiwa kepemimpinan melalui organisasi kemahasiswaan
  • Mampu menulis opini dan artikel yang dipublikasikan di media kampus maupun media nasional.
  • Memilki sikap kreatif, inovatif, mampu memotivasi diri sendiri dan orang lain

Pilihan Program Perkuliahan

  • Keuangan dan Perbankan Syariah
  • Akuntansi Syariah

Hak dan Kewajiban Peserta

  • Peserta Beasiswa mendapatkan hak biaya pendidikan secara penuh dan pembinaan intensif.
  • Peserta Beasiswa wajib untuk menyelesaikan kuliah tepat waktu dan mengikuti seluruh program pembinaan.
  • Bila mengundurkan diri sebelum menyelesaikan S-1 maka peserta wajib membayar seluruh biaya kuliah.

Jadwal Penerimaan

Gelombang
I
II
III
Pendaftaran
23 Februari - 7 Mei 2009
14 Mei – 31 Juli 2009
3 Agustus -28 Agustus 2009
Tes
8 Mei 2009
1 Agustus 2009
29 Agustus 2009
Pengumuman
14 Mei 2009
3 Agustus 2009
3 September 2009
Daftar Ulang
14 - 20 Mei 2009
3 -10 Agustus 2009
3 - 10 September 2009

Syarat Pendaftaran

  • Ranking masuk 10 besar atau rata-rata raport 7.5 kelas 10-11 (dilampirkan)
  • Lulus SLTA (SMU/ MAU dan MAK/ SMK) tahun 2009 atau 2008
  • Surat rekomendasi dari tokoh masyarakat
  • Memiliki motivasi dan komitmen untuk pengembangan ekonomi syariah di daerah.
  • Melampirkan artikel tentang potensi diri dan motivasi mendapatkan beasiswa di STEI SEBI.
  • Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 135.000,-

Jenis-jenis Tes

  • Tes Tulis yang meliputi mata pelajaran Bahasa Inggris, Matemátika, Ekonomi, dan Pengetahuan Agama Islam (PAI)
  • Tes Potensi Akademik
  • Wawancara

Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru

Program Beasiswa Pendidikan STEI SEBI 2009

SDM Ekonomi Syariah Pelopor Pembangunan Daerah

(EKSPAD)

Komplek Ciputat Indah Permai Blok C 25-26

Jl.Ir.H.Juanda No.50 Ciputat 15419

Telp. (021) 7418978 Fax. (021)7418977

(sdri Erna dan sdr Fahmi)

www.sebi.ac.id

BEASISWA KULIAH di STIE Tunas Nusantara

PENGUMUMAN

Nomor: 011/P/K/IV/2009

PENDAFTARAN DAN SELEKSI BAGI CALON MAHASISWA

PROGRAM BEASISWA 100%

GELOMBANG I – IV

Sehubungan dengan dibukanya kelas Beasiswa STIE Tunas Nusantara Jakarta, maka dengan ini diberitahukan kepada pihak-pihak yang berkepentingan untuk mengetahui persyaratan dan jadual pelaksana penerimaan mahasiswa baru Tahun Akademik 2009/10, seperti tertera di bawah ini :

No

Uraian. Prasyarat, dan Jadual

Jenis Beasiswa

Keterangan

A

B

C

D

1

Lulusan SLTA Sederajat


2

Umur Maksimal 21 Tahun

Terhitung 1 September 2008

3

Nilai Rapor 7,0 pada 2 dari 6 Semester

-

-

-

Bebas dan boleh acak

4

Surat Rekomendasi Sekolah

-

-

-

Tanda tangan Kepala Sekolah

5

Mengisi dan Menyerahkan Berkas, berupa:







a. Foto Copy Ijazah SLTA berlegalisir

Tiga lembar


b. Pas Photo 2×3, 3×4, 4×6

@ 6 lembar


c. Mengisi Formulir & Surat Pernyataan

Bermaterei 6.000


d. Foto Copy KTP

Dua lembar


e. Surat keterangan Sehat

Asli atau berlegalisir


f. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK/SKKB)

Asli atau berlegalisir

6

Lulus Test Kemampuan umum on line

-

Bahasa Inggris, Umum & Matematika

7

Lulus Wawancara

Uji Komitmen

8

Ikatan Dinas Setelah lulus

-

-

-

Selama 2n + 1 (n=masa studi)

9

Uang Saku Rp 1.960.000,- per Semester

-

-

-

Di bayar per bulan

10

Hari Kuliah :







a. Senin s.d. Jum’at

-

Hari Seni dan budaya –Jum’at


b. Jum’at dan Sabtu

-

-

-

Hari Seni dan budaya –Jum’at

11

Jadual Pendaftaran Terakhir

29 Agu. 08

29 Agu. 08

29 Agu. 08

29 Agu. 08

Jam 08.00 – 16.00 WIB

12

Jadual Test Kemampuan Umum

Senin s.d. Jum’atJam 10.00 WIB s.d. selesai

13

Jadual Test Wawancara

Selasa & KamisJam 10.00 WIB s.d. selesai

14

Pengumuman

11 Sept08

11 Sept.08

11 Sept08

11 Sept08

On line di www.stietn.ac.id

15

Orientasi Pendidikan dan Pengenalan Kampus (ORDIK)

13 Sept08

13 Sept. 08

13 Sept08

13 Sept08

-

16

Kuliah Perdana

15 Sept. 08

15 Sept. 08

15 Sept. 08

13 Sept. 08

Jam 08.00 s.d. 12.15 WIB

Catatan:
*) A. Beasiswa Prestasi Akademik
**) B. Beasiswa Prestasi Non Akademik
***) C. Beasiswa Ayo Bangkit
****) D. Beasiswa Ikatan Dinas

Persyaratan mendapatkan Beasiswa di STIE Tunas Nusantara:

1. Lulus dan Tamat SMA/SMK-Sederajat buktikan dengan Fotokopi STTB
2. Usia maksimal 21 tahun – hingga batas akhir pendaftaran
3. Nilai rata-rata 7,25 pada rapor (2 dari 6 semester)
4. Mengisi Formulir Pendaftaran
5. Menandatangani Surat Pernyataan bersedia aktif pada setiap kegiatan kampus
6. Menandatangani Surat Pernyataan bersedia menjadi Wirausaha 7. Fotokpi KTP + Pas Foto
8. Lulus ujian Seleksi Masuk dan Lulus Wawancara Lebih lanjut hubungi : 021-8088 3639 atau ke Hotline Service: 021 689 43243 Kunjungi Kampus Jingga [STIE Tunas Nusantara] Jl. Budhi no. 21 Cawang – Dewi Sartika – Jakarta 13630

Download Brosur DISINI.

BEASISWA KULIAH di ITB

PERSYARATAN

Para calon penerima beasiswa "ITB Untuk Semua" harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  1. Calon lulusan sekolah menengah umum pada tahun ajaran 2009 (bidang studi IPA untuk fakultas Sains dan Teknik).
  2. Berasal dari keluarga yang tak mampu secara ekonomi (penghasilan kedua orangtua di bawah Upah Minimum Regional setempat)
  3. Memiliki prestasi akademik yang sangat baik.
  4. Aktif dalam kegiatan ekstrakulikuler sekolah (lebih diutamakan yang memiliki bakat memimpin)
  5. Mendapat rekomendasi dari kepala sekolah
  6. Bersedia mengikuti ujian penerimaan yang dilakukan ITB

PILIHAN BIDANG STUDI

Fakultas/Sekolah yang dipilih oleh calon peremina beasiswa adalah sbb:

  • Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD)
  • Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL)
  • Fakultas Teknologi Industri (FTI)
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)
  • Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD)
  • Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM)
  • Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI)
  • Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK)
  • Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB)
  • Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH)
  • Sekolah Farmasi (SF)
  • Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM)

CARA MENDAFTAR

Kirimkan berkas formulir pendaftaran (pada halaman terakhir leaflet ini, boleh di-fotocopy) dengan dilengkapi dokumen sbb:

  • Fotocopy halaman depan rapor SMU dan halaman-halaman nilai (dari semester I hingga V) yang telah dilegalisir pihak sekolah
  • Surat keterangan berasal dari keluarga yang secara ekonomi tak mampu dengan ditandatangani Ketua RT/RW (Yang dimaksud keluarga yang secara ekonomi tak mampu adalah penghasilan kedua orangtua per bulannya di bawah atau sama dengan Upah Minimum Regional setempat. Kami akan melakukan survey lapangan secara random untuk mengetahui kondisi keluarga calon mahasiswa)
  • Surat dukungan/referensi dari kepala sekolah
  • Tulisan 1 halaman kertas HVS (boleh diketik atau tulis tangan) yang menjelaskan mengapa pendaftar ingin mengikuti program "ITB Untuk Semua"
  • Tulisan 1 halaman kertas HVS (boleh diketik atau tulis tangan) yang menggambarkan kondisi keluarga pendaftar [misalnya menceritakan pekerjaan orang tua, kegiatan pendaftar di luar bersekolah, kondisi masing-masing anggota keluarga, dsb]
Berkas pendaftaran lengkap dimasukan amplop coklat ukuran besar dan dikirim ke:

Panitia Penerimaan Beasiswa "ITB Untuk Semua"
Direktorat Pendidikan ITB
u.p. Kasubdit Penjaringan Mahasiswa/Ketua Lembaga TPB
Gd. CCAR ITB Lt.4
Jl. Tamansari 64 Bandung
*Berkas paling lambat dikirimkan pada 20 April 2009 (cap pos)

UJIAN PENERIMAAN

Panitia seleksi tahap awal program "ITB Untuk Semua" akan melakukan penilaian berdasarkan berkas yang masuk. Penialaian meliputi:

  • Kemampuan akademik
  • Motivasi (dilihat dari tulisan mengapa pendaftar ingin mengikuti program "ITB Untuk Semua")
  • Kondisi keluarga (dilihat dari tulisan kondisi keluarga pendaftar)
  • Pengujian kebenaran data yang diberikan kepada pihak sekolah
Dari hasil penilaian tersebut, panitia tahap awal akan memanggil (melalui surat) calon-calon potensial untuk mengikuti ujian saringan mahasiswa (USM) jalur PMBP terpusat dan interviu di kampus ITB di Bandung. Seluruh biaya transportasi dan akomodasi selama ujian akan disediakan oleh ITB. Ujian ini akan berlangsung pada 29 Mei- 31 Mei 2009.

Panitia akan mengumumkan penerima beasiswa (hanya calon potensial, yang diterima yang akan dikirimi surat) pada pertengahan bulan Juni 2009. Penerima beasiswa akan berkumpul kembali di Bandung pada akhir Juni 2009 untuk mengikuti program penyesuaian diri.

Agustus 2009, penerima beasiswa "ITB Untuk Semua" mulai mengikuti kuliah di ITB.

Download Formulir Pendaftaran DISINI.

Kontak Person: kontak@itbuntuksemua.com

nb:
Untuk info selengkapnya silahkan hubungi email diatas dan atau silahkan mendatangi sekretariat lembaga yang bersangkutan.

BEASISWA LINTANG INDONESIA Bagi Siswa/Siswi SMA/Sederajat

Beasiswa Lintang 2009-2010

LintangIndonesia kembali memberikan beasiswa untuk siswa SMA/MA atau yang sederajat yg kurang mampu untuk tahun ajaran 2009/2010. Beasiswa akan diberikan selama 12 bulan (Juli 2009 – Juni 2010) kepada 25 siswa dengan besaran Rp. 150.000,00 perbulan.
Aplikasi beasiswa dibuka sampai tanggal 31 Agustus 2009, hasil seleksi akan diumumkan pada akhir September 2009.

Aplikasi dan dokumen pendukung bisa dikirimkan ke sekretariat:
LintangIndonesia
Komplek Gedung Putih
Pondok Krapyak
Yogyakarta 55011
Download formulir beasiswa: .pdf atau .doc.

nb:
Informasi lebih lanjut silahkan mendatangi alamat diatas. Atau kunjungi situs http://www.lintangindonesia.org/

BEASISWA PPSDMS NURUL FIKRI Bagi Mahasiswa/Mahasiswi

Persyaratan Calon Peserta

Secara umum calon peserta PPSDMS haruslah :

  • Laki-laki dan berkewarganegaraan Indonesia
  • Berusia tidak lebih dari 21 tahun saat bulan Juli 2008
  • Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama masa beasiswa
  • Tidak sedang mendapatkan beasiswa sejenis PPSDMS
  • Beragama Islam

Secara khusus calon peserta PPSDMS haruslah :

  1. Pria, muslim, warga negara Indonesia
  2. Mahasiswa program S1 reguler UI, ITB, Unpad, UGM, ITS, Unair, atau IPB semester 2 atau 4 pada saat pendaftaran. (Catatan: Untuk Unpad dan Unair hanya berlaku bagi departemen/jurusan non-eksakta)
  3. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) ≥ 2,8 (skala 4)
  4. Memiliki keinginan dan motivasi yang kuat untuk mengembangkan diri sebagai pemimpin bangsa masa depan di berbagai sektor kehidupan
  5. Sehat jasmani dan rohani
  6. Aktif dalam organisasi kemahasiswaan dan/atau kemasyarakatan

Pengisian Formulir Pendaftaran

Peminat Program Beasiswa PPSDMS NF Angkatan IV harus mengisi Formulir Pendaftaran dengan lengkap secara on-line melalui situs www.ppsdms.org selambat-lambatnya tanggal 30 April 2008.

Kelengkapan Berkas

Di samping mendaftarkan diri secara on-line, peminat juga harus mengirimkan kelengkapan berkas dalam amplop tertutup melalui pos kilat khusus/pos tercatat ke alamat:

PANITIA SELEKSI PROGRAM BEASISWA
PPSDMS NF ANGKATAN IV, 2008-2010
Gedung Kantor Pusat PPSDMS Nurul Fikri
Jl. Lenteng Agung Raya No. 20
Srengseng Sawah, Jakarta 12640

Kelengkapan berkas tersebut harus sudah diterima oleh Panitia Seleksi selambat-lambatnya tanggal 30 April 2008 (cap pos). Berkas yang terlambat diterima oleh Panitia Seleksi dan/atau tidak lengkap tidak akan diproses lebih lanjut.

Kelengkapan berkas terdiri dari:

  1. Pas foto berwarna ukuran 4X6 sebanyak 2 helai (dituliskan nama di belakangnya)
  2. Surat lamaran untuk menjadi peserta Program Beasiswa PPSDMS NF Angkatan IV yang menggambarkan motivasi pelamar mengikuti program ini
  3. Transkrip nilai akademik yang mencantumkan IPK terakhir (dilegalisir oleh pihak yang berwenang)
  4. Surat rekomendasi dari Dekan/Wakil Dekan atau Ketua/Sekretaris Juruan/Departemen
  5. Surat rekomendasi dari Ketua Organisasi Kampus atau Ketua Organisasi Kemasyarakatan di mana pelamar beraktifitas, atau dari Tokoh Masyarakat

Catatan: Isi surat rekomendasi haruslah memuat : 1). Seberapa lama perekomendasi mengenal pelamar, 2). Kelebihan dan kelemahan pelamar menurut perekomendasi, 3). Penjelasan tentang aktivitas pelamar yang dapat menggambarkan kemampuan khusus atau leadership skill pelamar,4). Tempat, tanggal, tanda tangan, nama lengkap, dan jabatan perekomendasi.

PROSES SELEKSI

Proses seleksi Program Beasiswa PPSDMS NF Angkatan IV adalah sebagai berikut:

Tahap

Materi

Tahap I Seleksi administratif
Tahap II Hari 1: Psikotest & Test Potensi Akademik (TPA)
Hari 2: Tes Bahasa Inggris dan Spiritual Capital Assessment
Tahap III Presentasi, Wawancara dan Tes Kesehatan dan Kesamaptaan

Dalam setiap tahap proses seleksi berlaku sistem gugur. Calon yang dinyatakan lulus pada suatu tahap dan melanjutkan ke tahap berikutnya akan diumumkan di situs www.ppsdms.org dan dihubungi oleh Panitia Seleksi.

Pengumuman Hasil Seleksi

Peserta seleksi yang dinyatakan lulus sebagai Calon Peserta Program Beasiswa PPSDMS NF Angkatan IV 2008-2010 akan diumukan pada tanggal 1 Juli 2008.

Para Calon Peserta tersebut selanjutnya wajib mengikuti Pendidikan Kepemimpinan Nasional (PKN) yang sekaligus merupakan pelantikan menjadi Peserta Program Beasiswa PPSDMS NF Angkatan IV.

nb:
Untuk info selengkapnya silahkan menghubungi nomor yang tertera dan atau mendatangi sekretariat lembaga.

Kuliah Gratis di BOGOR EDUCARE

YAYASAN PEDULI PENDIDIKAN
LEMBAGA PENDIDIKAN BOGOR EDUCARE

Menyelenggarakan pendidikan gratis Bahasa Inggris dan Komputer.

1. PROSES PENERIMAAN MAHASISWA BARU
  • Pendaftaran
  • Tesk Seleksi Tertulis (Kemampuan Akademik)
  • Survey Tempat Tinggal Calon Mahasiswa (rumah)
  • Wawancara/interview

2. PERSYARATAN PENDAFTARAN

Persyaratan Umum:
  • Pria atau Wanita Beragama Islam
  • Belum Menikah
  • Berasal dari Keluarga Tidak Mampu
  • Lulusan SLTA/sederajat atau Paket C
  • Usia Maksimal 22 Tahun pada saat mendaftar
Persyaratan Administrasi:
  • Mengisi Formulir Pendaftaran
  • Surat Keterangan Tidak Mampu dari Desa atau Keluarahan
  • Foto Copy Ijasah Terakhir yang Dilegalisir atau Surat Tanda Kelulusan + Daftar Nilai
  • Foto Copy Raport Kelas 3 SLTA/sederajat atau Paket C
  • Foto Copy Kartu Identitas (KTP)
  • Foto Copy Kartu Keluarga (KK)
  • Slip Gaji atau Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua
  • Surat Ijin Orang Tua
  • Pas Foto Berwarna 2×3 (2 lbr) dan 3×4 (2 lbr)
  • Seluruh berkas pendaftaran dimasukkan ke dalam amplop besar

3. MASA PENDAFTARAN

Bulan April-Juli 2009

4. TEMPAT PENDAFTARAN

Kampus BogorEduCARE
Jl. Cikiray RT 03/06 Desa Sukaraja, Kab Bogor Telp 0251 271607 Fax 0251 271608
cp Yuli Ekawati, Ita Rosita (Senin-Jumat Jam 08.00-16.00 (Istirahat 11.30-12.30)
Situs: http://bogoreducare.org/

5. OPEN HOUSE

Bagi Sekolah-Sekolah yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang Bogor EduCARE, maka kami akan mengadakan Open House. Berikut adalah jadwal yang kami akan selenggarakan untuk Open House tersebut.


Catatan:
Mohon konfirmasi terlebih dahulu rencana kehadiran Bapak/Ibu dengan menghubungi Bp. RAMLAN WIDIAWAN Telp: (0251) 2786082

Download Formulir Pendaftaran DISINI.

nb:
Untuk info selengkapnya silahkan menghubungi nomor yang tertera dan atau mendatangi sekretariat lembaga.

Kuliah Gratis D-1 KEWIRAUSAHAAN

YAYASAN HARAPAN UMAT
LEMBAGA PENDIDIKAN SDM KEWIRAUSAHAAN
BINA AMANAH
Izin No: 115/LPSM/102.4/MS/2000

BENTUK PENDIDIKAN

Lembaga pendidikan SDM Kewirausahaan dalam mencapai tujuan umum maupun jhusus menerapkan bentuk pendidikan sebagai berikut:
  • Kegiatan perkuliahan dilakukan secara klasikal.
  • Metode perkuliahan yang diterapkan adalah; ceramah, diskusi, penugasan dan praktek lapngan.
  • Perkuliahan dilaksanakan selama 2 (dua) hari (Sabtu dan Ahad) dalam sepekan, mulai pukul 07.00 sampai 14.00 WIB.
  • Menyelenggarakan seminar dengan menguncang dosen-dosen tamu dalam bidang tertentu, sekurang-kurangnya 1 kali dalam 3 bulan.
  • Menyiapkan waktu lain (menurut kesepakatan) untuk praktek kewirausahaan, diluar atau didalam kampus.

MATA KULIAH

Mata kuliah yang disajikan pada lemgaba ini adalah:
  • Manajemen dan Salesmanship
  • Marketing dan Salesmanship
  • Manajemen
  • Pengantar Ilmu Hukum
  • Agama Islam
  • Laboratorium Kewirausahaan
  • Bahasa Inggris
  • Perbankan
  • Kewirausahaan
  • Akuntansi
  • Komputer
  • Bisnis Plan
LAMA PENDIDIKAN

Sebagaimana Program D-1 lainnya, Pendidikan SDM Kewirausahaan menyelenggarakan pendidikan dengan lama pendidikan 1 (satu) tahun, dibagi menjadi 2 (dua) semester.

TENAGA PENGAJAR

Para dosen yang turut serta dalam lembaga pendidikan ini berasal dari para alulmni:
  • FE UI
  • FE UNTAR
  • FE TRISAKTI
  • FE UNILA
  • FE UGM
  • STAN
  • Pengurus Yayasan
BIAYA PENDIDIKAN

Lembaga Pendidikan SDM Kewirausahaan Bina Amanah tidak memungut biaya pendidikan, termasuk biaya formulir, uang pangkal, dan sertifikat.

SYARAT PENDAFTARAN
  • Beragama Islam
  • Minimal tamatan SMU/sederajat
  • Memililki minat tinggi untuk berprestasi
  • Mentaati peraturan yang telah ditetapkan.
CARA PENDAFTARAN

Mengisi formulir pendaftaran dengan melampirkan:
  • Fotocopy ijazah / STTB yang telah dilegalisir sebanyak 2 (dua) lembar, dan menunjukkan aslinya.
  • Pas foto ukuran 2x3 sebanyak 2 (dua) lembar dan ukuran 3x4 sebanyak 2 (dua) lembar.
  • Fotocopy KTP sebanyak 1 (satu) lembar.
PENDUKUNG PEMBERDAYAAN

Dalam atau pasca pendidikan adalah "LAZIS BINA AMANAH".

PENDAFTARAN
  • Tanggal 20 Juni 2009 sampai 2 Agustus 2009, pukul 09.00 sampai 14.00 WIB (setiap Sabtu dan Ahad)
  • Tes tertulis dan wawancara: tanggal 7 - 9 Agustus 2009, pukul 09.00 WIB sampai dengan selesai.
  • Pengumuman hasil tes: tanggal 15 Agustus 2009
  • Daftar ulang (bagi yang diterima): tanggal 15 - 16 Agustus 2009, pukul 09.00 - 14.00 WIB
TEMPAT PENDAFTARAN

Sekretariat Lembaga Pendidikan SDM Kewirausahaan BINA AMANAH:
Jl. Japos Raya no.09, Rt.005, Rw.05
Pondok jati, Jurangmangu Barat, Pondok Aren, Tangerang

Contact person:
Abdul Kholik 021 940 77 927
Anwar 021 993 686 91
Evo 0899 8330 468

Download famplet DISINI.

nb:
Untuk info selengkapnya silahkan menghubungi nomor yang tertera dan atau mendatangi sekretariat lembaga.